Posting Lama Posting Lebih Baru

Organisasi Kedaerahan (Organda) STAN

STAN itu di mana ya? Kalau mau ke sana harus lewat mana? Aku harus naik apa ? Tar gimana aku nyari kos nya?  Mungkin pertanyaan itulah yang  masih berputar di benak adik-adik semua. Memang, STAN sudah berbeda dengan SMA. Dulu yang lokasi sekolahnya tak jauh dari rumah, tiba-tiba harus merantau ke kota seberang. Rasa takut itu pasti ada. Tapi santai saja, gak perlu takut. Di STAN sudah ada Organisasi Kedaerahan (organda) yang siap membantu adik-adik semua. 

Organisasi Kedaerahan (organda) merupakan komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari daerah/provinsi/kota/kabupaten yang sama. terdapat puluhan Organda di STAN mulai dari Aceh sampai Papua. Organisasi ini siap membantu adik-adik semua, khususnya mahasiswa baru dari daerahnya untuk mencarikan kos-kosan, dan memberikan informasi yang kalian perlukan. Bahkan organda ini siap menuntun hingga kalian menapakkan kaki di STAN. Setiap ada siswa (dari daerahnya) yang diterima di STAN, organda ini akan mencari informasi mengenai data diri kalian (no hp) melalui SMA terkait. Data diri inilah yang akan digunakan untuk menghubungi kalian. Selanjutnya, organda tersebut akan mengumpulan kalian untuk diberikan breafing. Bahan breafing  meliputi perkenalan dengan kakak kelas maupun sesama mahasiswa baru dari daerah kalian serta penyampaian informasi seputar STAN meliputi kos-kosan, akses menuju ke sana,  informasi biaya hidup, dan lain-lain. Ya, itulah yang dilakukan oleh organda saya (IMALITA). Untuk organda lain, saya tidak bisa memastikan apakah mereka melakukan hal yang sama atau tidak. Kalian dapat mencari sendiri informasinya melalui teman kalian yang sudah menjadi mahasiswa STAN. 

Kegiatan tiap Organda berbeda-beda, namun secara umum tiap organda inilah yang menyelenggarakan TRY OUT ujian STAN di daerahnya masing-masing, baik secara nasional maupun regional. Selain itu peran Organda cukup vital untuk menyebarluaskan informasi keberadaan STAN kepada siswa-siswi di daerahnya tanpa adanya arahan maupun himbauan dari Lembaga STAN sendiri. Mereka juga mempunyai program kerja untuk mempererat tali silaturohmi antar anggota, misalnya hanya sekedar acara makan-makan bareng maupun doa bersama menjelang ujian.

Saat ini hampir semua organda mempunyai groub yang dapat kalian akses melalui akun facebook atau twitter. Bila ada hal yang ingin ditanyakan seputar STAN, kalian dapat mengirimkan pertanyaan ke grub yang ada. Tenang, mahasiswa STAN itu solidaritasnya tinggi lho, jadi setiap pertanyaan yang kalian ajukan pasti di jawab.

Berikut beberapa organda yang penulis ketahui:

Himasurya (Surabaya), IKMM (Ikatan Keluarga Mahasiswa Magelang), KONSTANTA (Komunitas Mahasiswa STAN Tangerang), Kamadiri (Keluarga Mahasiswa Kediri), Maharema (Mahasiswa Arek Malang), Mahapati (Pasuruan), Formasi Delta(Sidoarjo), Aneuk Nanggroe(Aceh), Permata (Jakarta), Kemala (Keluarga Mahasiswa Lampung), Kemusi (Keluarga Mahasiswa Bumi Sriwijaya), Ikmas (Semarang), IKM Tuah Sakato(Sumatera Barat), IMKJ (Ikatan Mahasiswa Kudus di Jakarta), Kempro (Keluarga MAhasiswa Probolinggo), MahakamSTAN (Mahasiswa Kalimantan STAN), IMALITA (Ikatan Mahasiswa Blitar di Jakarta). KMSDB (Keluarga Mahasiswa STAN Daerah Brebes), IKAMMA (Ikatan Keluarga Mahasiswa Madiun), IKKP(Ikatan Keluarga Kabupaten Pati), Paspilo(Solo), Maestro(Bojonegoro), KAMY (Yogya), IMMSU dan Horas(Sumatera Utara), Kembang(Bandung), Ikatan Mahasiswa Angin Mamiri (Sulawesi Selatan), IMJ (Jember), dan puluhan lainnya.



Anda telah membaca artikel Organisasi Kedaerahan (Organda) STAN. Anda boleh mengkopy-paste artikel ini dengan syarat harus mencantumkan sumber artikel. Terimakasih Telah Berkunjung.

5 Responses to “Organisasi Kedaerahan (Organda) STAN”

  1. Inspirasi : www.stan.ac.id

  2. Kak, jayapura belom ada ya?

  3. Lalu, apakah benar ada perutusan calon mahasiswa yang berniat STAN yang diutus untuk berkuliah di STAN? Terima kasih kak..

  4. Kalo gak salah mulai tahun 2012 STAN telah bekerja sama dg pemerintah daerah papua. Ada 2 program. Pertma, dalam hal USM STAN, ada persyaratan khusus untk peserta dr papua. Mereka adalah anak2 (yg baru lulus sma sederajat) yg telah diseleksi lebih dulu oleh pemda papua, (coba liat pengumuman USM STAN th 2013. Yg kedua, pemda papua jg mengirim para pegawai pemda untk kuliah di STAN (termasuk pemda lain jg mengirim para pegawai ny untk kuliah lg di stan, pemda blitar jg). Biaya pendidikan di tanggung pemda masing2. ( yg ini ada kelas khusus, berbeda dg kalian yg baru lulus sma. ini bisa dibilang kerjaan sampingan STAN lah, STAN yg berbayar gitu, tapi biaya kan ditanggung pemda )

  5. Ohh begitu kak. Makasih kak, Tapi kalau Kediri gimana kak? apa sama?

Leave a Reply

Silakan komen di bawah ini. Anda dapat memilih mode anonymus jika belum memiliki satu pun jenis akun . Kritik dan saran sangat diharapkan. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2010 Belajar Bersama Suffusion theme by Sayontan Sinha. Converted by tmwwtw for LiteThemes.com.